Kamis, 29 Oktober 2009

Unix

UNIX, siapa yang tidak tahu kata ini. Ya, Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dapat berjalan di beragam komputer. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, dan multi-user. Saat ini, unix menjadi salah satu sistem operasi yang yang populer untuk dijadikan sebuah server. Unix dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie pada tahun 1960 dan 1970-an di AT&T Bell Laboratories.

Unix pun mendapat sebutan Expert Friendly Operating System karena menyediakan sangat banyak fasilitas yang dapat bekerja sama dan berbagi informasi. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

Bahasa assembly
adalah pengembang utama dalam sistem ini, Akan tetapi karena portabilitasnya rendah (sehingga sulit dikembangkan di sistem lain) maka Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut bahasa C (sekitar tahun 1973). Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulailah muncul variant dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V.

Di Indonesia Unix digunakan sebagai Server aplikasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, Sun Solaris. Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti Sun Solaris yang digunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufaktur dan distribusi. Fungsi Unix sebagai workstation kurang populer mengingat harganya yang mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar