Jumat, 30 Oktober 2009

Pengamat: Linux untuk Mobile Device Akan Tumbuh

Linux Center Tue, 29 Apr 2008 10:53:00 WIB

Jakarta - Dari ketiga sistem operasi untuk mobile device, yaitu Microsoft dan Symbian, Linux masih tertinggal jauh saat ini, tapi ini hanya masalah waktu, penggunaan Linux di Mobile device diperkirakan akan meningkat.

Peningkatan penggunaan Linux untuk mobile device ini terlihat dari kerja keras yang dilakukan oleh LiMo Foundation dan Google dengan Android-nya yang terus-menerus melakukan berbagai usaha untuk lebih meningkatkan fungsi dan fitur Linux untuk menjadi sistem operasi utama untuk mobile device.

Firma riset ABI memperkirakan pada tahun 2013, satu dari lima handphone untuk kategori mid-end dan hig-end yang dipasarkan menggunakan sistem operasi Linux.

"Solusi dari Linux OS lebih efektif dalam hal biaya daripada sistem operasi yang lain, dengan memberikan aplikasi secara penuh dalam satu paket standarisasi," kata Stuart Carlaw, wakil presiden firma riset ABI, yang dilansir Pcworld, dikutip CBN.

Belum lama ini ABI juga melakukan penelitian dan menemukan, bahwa Linux akan menjadi solusi yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan konten yang lebih baik kepada pasar pengguna mid-end device.

Lebih penting, adalah peningkatan penggunaan Linux untuk mengembangkan aplikasi berbasis web ataupun aplikasi secara native untuk mobile device. (ydn)

Sumber: CBN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar